MENGERIKAN!!! INI FAKTA BUMI YANG SESUNGGUHNYA!!!

       8 Fakta Tentang Bumi Yang Mungkin Sebelumnya Belum Pernah Kamu Dengar Di Sekolah

Kalau kita ngomongin fakta soal bumi, sebenarnya fakta tersebut bisa berubah-ubah terus, lho. Misalnya aja, dulu banyak yang percaya bumi itu datar. Tapi sekarang mayoritas orang percaya bumi itu bulat. Dengan kata lain, apa yang hari ini kita percayai sebagai kebenaran, sewaktu-waktu bis dibantah dan digantikan sama teori lain yang dianggap lebih benar. 

Well, perubahan itu sendiri bisa terjadi karena sains dan ilmu pengetahuan terus berkembang. Bahkan di zaman yang serba cepat ini, mungkin ada juga berita mengenai perkembangan sains yang kamu lewatkan. 


Makanya, daripada kamu kurang mengenal bumi yang notabene tempat tinggal kamu sendiri, mendingan sekarang kita bahas 8 fakta tentang bumi yang mungkin belum kamu ketahui ini.


1. Bumi sebagian besarnya dipenuhi oleh air, tapi.....

Apa semua air itu bisa kita minum? Nggak semuanya bisa. Coba kamu ingat-ingat, kebanyakan air yang ada di bumi ini berada di samudera dan lautan. Dan air yang berada di lautan itu adalah air asin yang enggak layak kita konsumsi.

Jumlah air asin tersebut mencapai angka 97 persen dari semua air yang ada di dunia, sisa tiga persennya barulah kita bisa minum. Dari tiga persen jumlah air layak minum tersebut, 70 persennya bisa ditemukan di Gletser dan 20 persennya di danau Baikal.


2. Bumi sebenarnya didominasi oleh kegelapan


Nah, kalau ini masih berhubungan dengan fakta kalau bumi ini didominasi sama lautan. Perbandingannya sekitar 70:30 dengandaratan.

-Advertisement-

Terus, apa sinar dan cahaya matahari itu bisa menembus sampai kedasar lautan? Hahaha, kamu pasti udah tau jawabnnya. SInar matahari bahkan cuma bisa menembus jarak 200 meter dari permukaan air laut.


3. Teori Superbenua Pangea Dan Kembali Bersatunya Benua-Benua di Bumi.
Sebelum tujuh benua yang ada dibumi ini terbentuk, sekitar 330 juta tahun yang lalu semua benua itu bersatu sebgai superbenua yang bernama Pangea. Superbenua ini kemudian terpecah menjadi dua, yang bernama Laurensia dan Gondwana, yang terpecah-pecah lagi seiring berkembangnya zaman. Hingga akhirnya terbentuklah tujuh benua yang kita kenal sekarang.

Tapi, banyak ilmuwan yang yakin kalau benua-benua di bumi ini selalau bergerak. Pada akhirnya meeka akan kembali bersatu membentuk SuperBenua yang baru. Nama Superbenua itu adalah Pangea Ultima, dan diprediksi akan muncul sekitar 250 juta tahun di masa depan.


4. Apa Penyebab Kepunahan Massal sekitar 252 juta tahun lalu?

Ya, Bumi pernah mengalami krisis lingkungan yang hebat pada masa lalu. Krisi yamg terjadi sekitar 252 Juta tahun yang lalu itu sampai menyebabkan kepunaha massal pada 90 persen hewan dan tumbuhan di muka bumi.

Lalu apa penyebabnya?

Institut Teknologi Massachusetts di Amerika Serikat Sudah menemukan sumber penyebabnya.
Penyebababnya bukan karena bencana alam atau serangan asteroid, melainkan mikroba yang bisa mengeluarkan gas metana, methanosarcina.



5. Pulau dan Benua Yang Terbentuk Dari Sampah

Pernah dengar tentang Great Pasific Garbage Patch??

Begini.... Sampah-sampah yang kita buang setiap harinya itu ujung-ujungnya bakal dibuang lagi ke lauitan dan samudra. Sampah tersebut bakal terombang-ambing di lautan, terbawa oleh arus, hingga membentuk garbage patch atau timbunan sampah. Nah, timbunan sampah yang besar di dunia itu nggak lain enggak bukan adalah Great Pacifuc Garbage Patch.

Mungkin, menurut para ilmuwan, suatu hari nanti kita bisa melihat benua baru yang muncul dan terbentuk dri timbunan sampah yang dibuang manusia.


6. Di Mana Tempat Terkering Di Dunia Terletak??

Begitu mendengar pernyataan di atas, mumgkin pikiran kamu langsung melayang ke gurun/

Memang ada gurun di Chili, Gurun Atacama, yang belum pernah menerima air hujan selama ribuan tahun. Tapi Gurun Atacama masih kalah jika dibandingkan McMurdo Dry Valleys atau Lembang Kering McMurdo di Antartika. Daerah tersebut sudah berada dalam kondisi kering dan tanpa hujan sekitar 2 juta tahun!

Di tempat kering sedunia ini kamu nyaris enggak bisa menemukan salju. Angin diasan pun kencang banget, bisa mencapai hingga kecepatan 320km/jam.


7. Gunung Tertimggi Di Dunia.

Belum tentu Gunung Everest seperti yang selama ini mungkin sering kamu dengar. Gunung Everest sendiri punya tinggi sampai 8.848 dari permukaan air laut.

Tapi kalau kita membandingkannya dengan Gunung Mauna Kea di Hawaii, Everest bisa dibilang lebih pendek dri Mauna Kea. Soalnya, Gunung Mauna kena punya bagian yang terletak di bawah permukaan air laut. Jadi jika kita menghitung timggi gunung tersebut dari dasarnya, kita bakal menemukan angka 10.203 meter.

Menarik, bukan? Tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya , gunung tertimggi di dunia bisa jadi Everest, bisa juga Mauna Kea.




8. Bumi dan Luar Angkasa Dipisahakan oleh suatu garis.

Dan garis itu bernama garis Garis Karman, Garis yang telah di akui oleh dunia Intenasional sebagai batas pemisah antara atmosfer  Bumi dan Luar Angkasa, Garis ini terletak di atas permukaan air laut.



Komentar

Postingan Populer